#390 - Pemetaan Desa Terdampak Bencana Kegagalan Bendungan Cengklik, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah

armasari validated #107

talithamahsa validated #151

Elisabeth S validated #143

diahsucir validated #133

Qomar Ramadhan validated #171

talithamahsa validated #56

talithamahsa validated #170

armasari validated #176

talithamahsa validated #160

aglisdwininta validated #179

talithamahsa validated #159

talithamahsa validated #48

silvIasdw validated #221

saputra deo validated #197

Salah satu inovasi Pemerintah Indonesia melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) bersama Pemerintah Australia dan Bank Dunia adalah software InaSAFE (Indonesia Scenario Assessment for Emergency) yang dapat digunakan untuk menganalisa dan mensimulasikan skenario kesiapsiagaan bencana. Untuk melakukan analisa tersebut diperlukan data teknis pendukung berbasis spasial. InaSAFE (http://inasafe.org) dimulai dengan tujuan untuk menyediakan alat bagi para manager penanggulangan bencana yang ingin mempelajari potensi dampak dari suatu bencana secara terbuka/open source (GPL license), yang artinya tidak ada biaya lisensi.

InaSAFE dijalankan melalui QGIS (aplikasi sistem informasi geografis desktop yang menyediakan tampilan, penyuntingan, dan analisis data) plugin yang memfasilitasi user untuk menyajikan informasi tentang jumlah aset prakiraan jumlah aset bersiko/terpapar atau terdampak oleh jenis ancaman tertentu, selain itu InaSAFE juga mampu menyajikan informasi prakiraan kebutuhan minimum terhadap populasi terdampak hasil analisis. Informasi yang dihasilkan kemudian ditampilkan dalam bentuk peta, tabel laporan dan daftar periksa tindakan. Oleh karena itu, InaSAFE diharapkan dapat dioptimalkan dan difungsikan dalam penyusunan RTD Bendungan khususnya di bendungan-bendungan DOISP2 yang sedang berjalan.

Bendungan Cengklik merupakan salah satu bendungan yang masuk ke dalam bendungan yang perlu dibuat dokumen RTD atau Rencana Tanggap Darurat oleh Kementerian PU. Mengingat pentingnya data-data pendukung terutama data keterpaparan (exposure) untuk dapat melaksanakan analisis InaSAFE, diperlukan ketersediaan data yang lengkap di sekitar bendungan tersebut. Sampai saat ini, jumlah bangunan yang terpetakan di dalam OpenStreetMap di daerah tersebut masih sedikit, sehingga perlu adanya pemetaan untuk melengkapi data-data tersebut.

  Instructions

Entities to Map
building (bangunan), roads (jaringan jalan), critical infrastructure (Fasilitas Penting)
Changeset Comment
#hotosm-project-390

Bagaimana caranya berkontribusi?

  1. Pilih satu kotak

  2. Jika tidak ada yang bisa dipetakan, pilih mark task as done

  3. Jika Anda melihat bangunan, landuse, dan jalan yang belum dipetakan, silahkan petakan

  4. Upload, jangan lupa untuk berikan komentar sumber citra yang digunakan, ketikkan "Bing" jika Anda menggunakan sumber citra satelit "Bing", ketik "Mapbox" jika Anda menggunakan sumber citra "Mapbox" dan sebagainya. Kembali ke website tasking manager, mark task as done

  5. Jika belum selesai, klik unlock task

  6. Pilih kotak lainnya dan ulang dari tahap nomor 2

Tag yang paling sering digunakan:

Area Permukiman:

  1. buildings=yes untuk setiap bangunan

Jaringan Jalan

  1. highway=residential untuk jalan yang menghubungkan permukiman

Sungai

  1. waterway=river untuk sungai

Silahkan kunjungi halaman Wiki OpenStreetMap untuk melihat lebih banyak jenis tag

  Start contributing

Contributors Done Assigned